Monday, April 25, 2016

Helikopter Tempur Terbaik di Dunia

Di jaman yang semakin canggih ini perkembangan teknologi terus dikembangkan pada berbagai sektor salah satunya adalah perkembangan militer. Kekuatan militer memang sangat penting dalam suatu negara. Pasalnya dengan kekuatan militer membantu dalam memperkuat negara tersebut apabila opsi diplomasi gagal dilakukan. Salah satu armada militer yang dibutuhkan oleh tiap negara seperti helikopter. Helikopter digunakan untuk membantu memperkuat militer pada suatu negara.

Helikopter sendiri merupakan kendaraan yang masuk ke dalam kategori pesawat dengan menggunakan rotor yang bergerak dan dengan adanya mesin yang didesain khusus. Secara umum helikopter dapat dibedakan menjadi dua macam yakni helikopter militer dan juga komersial. Pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai beberapa helikopter tempur terbaik di dunia yang menjadi andalan pada suatu negara. Nah untuk mengetahuinya silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Helikopter Tempur Terbaik di Dunia

Boeing AH-64E Apache Guardian

Helikopter Apache merupakan salah satu helikopter tempur terbaik di dunia. Helikopter ini dikembangkan oleh Amerika Serikat guna menggantikan helikopter jenis AH-1 Cobra. Helikopter Apche sendiri sering digunakan militer Amerika Serikat dalam berbagai misi di medan pertempuran yang juga melibatkan pasukan tentara Amerika Serikat. Helikopter  AH-64E Apache dilengkapi dengan antena radar LongBow yang bisa membantu mendeteksi serangan dari pihak musuh.

Selain itu untuk sistem navigasi dan juga persenjataan juga diperbaharui dibandingkan dengan versi pendahulunya.  Untuk jenis persenjataan helikopter jenis ini dilengkapi dengan rudal anti tank berjenis AGM-114 Hellfire yang memiliki akurasi tinggi dalam melacak musuh. Selain itu juga dilengkapi dengan senjata meriam kaliber 30 mm guna menyerang kendaraan musuh.

Kendaraan miluter ini juga dijual pada negara lain seperti Arab Saudi dan Taiwan yang sudah menjadikan sebagai Alusista. Selain negara tersebut negara lain juga sudah memesan helikopter ini seperti India, Korea Selatan, Irak, dan juga Indonesia.

Karmov Ka-52 Hokum-B

Helikopter tempur terbaik di dunia berikutnya adalah Karmov Ka-52 Hokum-B yang menjadi andalan milter Rusia. Helikopter Karmov Ka-52 Hokum-B termasuk sebagai salah satu helikopter tercepat di dunia. Helikopter jenis ini memiliki rotor dengan jenis koaksial contra-rotating yang membuat helikopter ini bisa bermanuver dengan cepat. Sedangkan untuk masalah persenjataan dilengkapi dengan 12 rudal anti tank Vikhr, meriam 30 mm, dan juga bisa dipersenjatai dengan roket serta rudal Igla-V yang bisa menyerang pihak musuh yang berada di udara. Di samping itu helikopter Karmov Ka-52 Hokum-B juga memiliki sistem canggih yang dapat membantu pilot dalam bertukar dengan helikopter lain.

Eurocopter Tiger

Helikopter canggih berikutnya adalah Eurocopter Tiger yang dikembangkan oleh kedua negara seperti Jerman dan Prancis. Eurocopter Tiger masuk ke dalam jenis helikopter tempur Medium-Weight yang sudah digunakan sejak tahun 2002. Selain kedua negara tersebut, Australia dan Spanyol juga mengandalkan Eurocopter Tiger sebagai alusista pada negara mereka. Helikopter jenis ini sudah teruji ampuh dalam medan perang di negara Afghanistan, Mali, dan juga Libya. Yang menarik dari helikopter jenis ini adalah dilengkapi dengan sebuah teknologi stealth yang membuatnya tak terdeteksi oleh pihak musuh. Untuk masalah persenjataan, Eurocopter Tiger dilengkapi dengan roket dan juga rudal Stinger guna menyerang pihak musuh yang ada di udara.

Demikianlah tadi beberapa helikopter militer tercanggih di dunia, masih banyak jenis helikopter lain yang juga memiliki teknologi canggih seperti Z-10 yang menjadi andalan dari China. Helikopter tersebut dilengkapi dengan berbagai persenjataan seperti meriam 30mm, rudal jenis HJ-9. Sedangkan untuk jenis lebih baru juga dilengkapi dengan rudal anti tank HJ-10 dan rudal udara berjenis TY-90.

Baca

1 comment: