Thursday, April 28, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Proses root memiliki kelebihan dan kekurangan bagi para pengguna Android. Dengan proses root pengguna mempunyai kekuasaan penuh dalam mengakses dan mengeksekusi file system, command, pada sistem operasi berbasis linux termasuk juga sistem operasi Android yang bersifat open source. Tak heran apabila tak sedikit pengguna Android yang melakukan  proses rooting pada smartphone Android yang mereka gunakan.

Dalam melakukan proses rooting diperlukan cara tahap demi tahap agar tidak terjadi kesalahan yang bisa menimbulkan masalah pada smartphone Anda. Memang root memiliki banyak kelebihan, smartphone sudah dilakukan proses root dapat menggunakan aplikasi yang hanya bisa digunakan setelah rooting. Pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai beberapa kelebihan dna kekurangan root pada Android. Langsung saja ketahui pada pembahasannya berikut ini!

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Root pada Android

Mendapatkan Hak Akses SuperUser

Kelebihan root pada Android yang pertama adalah pengguna mendapatkan hak akses superuser. Sebagai pengguna Android pastinya kita tak ingin proses penggunaan terhenti karena adanya hak akses yang dibatasi. Nah bagi Anda Anda yang ingin mendapatkan hak akses superuser maka Anda bisa melakukan proses rooting pada Android. Pasalnya dengan root ini pengguna dapat melakukan berbagai macam hal pada perangkat Android mereka. Misal saja pengguna dapat menghapus aplikasi bawaan, memodifikasi file atau data, melakukan custom room, dan banyak lagi hal lainnya termasuk menginstal aplikasi yang hanya bisa dilakukan pada perangkat yang sudah di root.

Dapat Meningkatkan Performance

Kelebihan root pada Android berikutnya adalah dapat meningkatkan performance perangkat Anda. Dengan proses rooting otomatis akan membuat Anda mendapatkan hak akses superuser. Namun tak hanya itu saja yang bisa didapatkan melainkan juga peningkatan performance pada perangkat Android yang Anda gunakan. Ini disebabkan dengan rooting dapat membuat peningkatan performance prosesor pada smartphone Anda.

Melakukan Instal Custom ROM

Kelebihan root pada Android berikutnya adalah dapat melakukan instal custom ROM. Melakukan instal custom ROM kemungkinan dapat lebih cepat dibandingkan dengan firmware bawaan pada smartphone. Untuk melakukan instalasi custom room dibutuhkan beberapa syarat salah satunya adalah perangkat Android perlu dilakukan proses root terlebih dahulu. Ini dikarenakan dengan root pengguna dapat melakukan berbagai hal menghapus ataupun mengganti file milik sistem operasi.

Hak untuk Memindahkan Aplikasi

Kelebihan lainnya dari proses rooting pada Android adalah melakukan hak untuk memindahkan aplikasi. Untuk kelebihan yang satu ini bisa Anda lakukan seperti memindahkan aplikasi pada memori internal perangkat smartphone Anda ke dalam microSD yang Anda gunakan. Dalam keadaan sudah do root, maka pemindahan bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Link2SD atau juga gemini App Manager.

Untuk Kekurangan Root pada Android Sebagai Berikut

Menghilangkan Garansi Android

Untuk kekurangan perangkat Android yang sudah diroot adalah pengguna akan kehilangan garansi pada perangkat yang mereka gunakan. Android yang sudah diroot memang memiliki banyak kelebihan dan terasa menyenangkan. Akan tetapi bila perangkat Anda baru dan masih dalam masa garansi maka garansi tersebut akan hilang bila perangkat berhasil di root. Selain itu kekeurangan lainnya adalah masalah keamanan keamanan pada Android. Akan tetapi untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi antivirus yang terkenal dengan keampuhannya seperti Kaspersky, Bitdefender, Avast, AVG, ESET, dan banyak lagi.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan Android yang sudah diroot.

Baca



No comments:

Post a Comment