Wednesday, April 27, 2016

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Sudah dikenal dari dulu bahwa buah kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk juga air kelapa yang terdapa di dalam buahnya. Selain rasanya yang segar dan manis, air kelapa memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Pada umumnya orang-orang mengetahui manfaat dari air kelapa untuk mencegah dehidrasi pada tubuh. Padahal bukan hanya itu saja manfaat yang dimiliki dari air kelapa.

Sebelum membahas mengenai apa saja manfaat dari air kelapa untuk tubuh. Ada baiknya apabila mengetahui terlebih dahulu apa kandungan dari buah kelapa. Di dalam buah kelapa mengandung sejumlah kandungan nutrisi seperti vitamin C, riboflavin, asam folat, dan kandungan lainnya. Selanjutnya mari kita bahas satu per satu mengenai apa saja manfaat dari air kelapa untuk tubuh.

Berikut Manfaat Dari Air Kelapa untuk Tubuh

Membantu dalam Menghilangkan Dehidrasi

Manfaat pertama dari air kelapa adalah membantu dalam menghilangkan dehidrasi pada tubuh. Seperti pada penjelasan di atas bahwa air kelapa memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan dehidrasi. Air kelapa dapat digunakan dalam mengatasi masalah dehidrasi dikarenakan oleh kolera, diare, dan juga disentri. Berbagai penelitian menyatakan bahwa air kelapa mengandung elektrolit yang seimbang dengan plasma. Dengan begitu air kelapa ini sangat cocok untuk mengisi cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas seharian termasuk juga pada saat olahraga.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat dari air kelapa untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah mencegah terjadinya penuaan dini. Ini dikarenakan di dalam air kelapa mengandung asam laurat dan juga sitokin yang penting dalam proses pertumbuhan sel dalam tubuh. Dengan kandungn tersebut air kelapa mempunyai peran yang penting dalam proses penuaan dini yang dapat disebabkan karena radikal bebas di udara. Selain itu air kelapa juga memiliki fungsi dan manfaat untuk menyeimbangkan tingkat ph dan juga menjaga jaringan pada kulit.

Meningkatkan Sistem Kebebalan Tubuh

Selain membantu dalam mencegah penuaan dini, air kelapa ternyata juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Air kelapa mengandung sejumlah nutrisi dan juga vitamin yang baik untuk tubuh seperti riboflavin, niasin, asam folat, dan juga piridoksin. Di samping itu air kelapa ini juga mempunyai sifat sebagai anti virus dan juga anti bakteri yang bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi virus.

Baik untuk Pencernaan

Manfaat lain dari air kelapa adalah baik untuk sistem pencernaan tubuh. Air kelapa terdiri dari beberapa enzim bioaktif diantaranya asam folat, katalase, diastase, dan banyak lagi. Enzim tersebut membantu alam mempermudah proses pencernaan sekaligus proses metabolisme pada tubuh. Selain kandungannnya tersebut, air kelapa juga mengandung mineral penting untuk tubuh diantaranya seperti mangan, kalsium, dan juga seng.

Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari air kelapa adalah membantu dalam menurunkan berat badan. Air kelapa terbukti pula dalam membantu menurunkan berat badan. Seperti yang kita ketahui bahwa air kelapa tak mengandung bahan kimia sama sekali sehingga baik untuk tubuh. Selain membantu dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh, air kelapa baik untuk membantu menurunkan berat badan. Untuk manfaat yang satu ini perlu Anda imbangi dengan rajin beroolahraga.

Manfaat lain dari air kelapa seperti membantu dalam mengontrol kadar gula dalam darah, mengurangi resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan banyak lagi manfaat lainnya.

Baca

No comments:

Post a Comment